Jumat, 25 Februari 2011

SITEM PEREKONOMIAN

System perekonomian merupakan system yang digunakan oleh suatu Negara untukmengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.
Perbedaan antara sebuah system ekonomi dengan system ekonomi lainnya adalah bagaimana cara system itu mengatur factor produksinya didalam ilmu ekonomi factor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa.
Pada walnya factor produksi dibagi menjadi empat kelompok:
1. Modal
Modal yang dimaksud disini adalah barang-narang atau peralatan yang dapat digunakan untuk melakukan proses produksi. Modal dapat digolongkan berdasrkan sumbernya, bentuknya, berdasarkan pemilikannya serta berdasarkan sifatnya.
Sumber modal terbagi 2:
Modal sendiri
Modal yang berasal dari dalam perusahaan sendiri (setoran awal perusahaan)
Modal asing
Modal yang bersumber dari perusahaan
2. Tenaga kerja
Tenaga kerja merupakan factor produksiinsani yang secara langsung maupun tidak langsung menjalankan kegiatan produksi factor produksi tenaga kerja juga dikategorikan sebagai factor produksi asli. Dalam factor tenaga kerja terkandung unsure fisik, pikiran serta kemampuan yang dimiliki tenaga kerja.
3. SDA
Pada perkembangan factor SDA diperluas cangkupannya menjadi seluruh benda tangible baik langsung dari alam maupun tidak, yang digunakan oleh perusahaan yang kemudian disebut sebagai factor fisik (physical resources)
Selain itu, beberapa ahli juga menganggap sumber daya informasi sebagai sebuah factor produksi mengingat semakin pentingnya peran informasi di eraglobalisasi (Griffin R:2006)
4. Kewirausahaan
Kewirausahaan adalah keahlian atau keterampilan yang digunakan seseorang dalam mengkoordinasi factor-faktor produksi untuk menghasilkan barang atau jasa. Sebanyak dan sebagus apa pun factor produksi alam tenaga manusia serta modal yang dipergunakan dalam proses produksi, jika dikelola dengan tidak akan maksimal.
Sumber daya informasi adalah seluruh data yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Data ini bias berupa ramalan kondisi pasar pengetahuan yang dimilki oleh karyawan dan data-data ekonomi lannya.

Selain factor produksi, system ekonomi jug adapt dibedakan dari cara system tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur factor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi.
Sementara pada perekonomian pasar (market economic) pasarlah yang mengatur factor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar