Jumat, 25 Februari 2011

KEBIJAKKAN EKONOMI

Kebijakkan ekonomi merupakan acuan pada tindakkan sebuah kebijakkan pemerintah, dalam mengambil kebijakkan atau keputusan di bidang ekonomi, kebijakkan ini dapat pula mencakup didalamnya sistem untuk menetapkan sistem perpajakkan suku bunga dan anggaran pemerintah serta pasar tenaga kerja. Kepemilikkan nasional dan atonomi daerah. Dari intervensi pemerintah ke dalam perekonomian.
Perpajakkan atau apajk merupakan iuran rakyat kepada kas Negara berdasarkan undang-undang sehingga mendapatkan balas jasa secara langsung
Pajak di pungut penguasa berdasarkan norma-norma hokum untuk menutup biaya produksi barang dan jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum.
Lembaga pemerintahan yang mengelola perpajakan Negara di Indonesia adalah Direktorat Jendral Pajak (DJP) yang merupakan salah satu direktorat yang ada dibawah haungan Derpatemen keuangan republic Indonesia
Menurut J.A Adriani pajak merupakan iuran masyarakat kepada Negara yang terutang oleh yang wajib membayarnya menurut peraturan-peratura umum (undang-undang) dengan tidak mendapat prestasi kembali yang langsung dapat ditunjukkan dan digunakan adalah untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umum berhubungan dengan tugas Negara untuk menyelenggarakn pertahanan.
Menurut Sommerfeld Ray M Andresog Herschel M dan Brock Horace R. ajak adalah suatu pengalihan sumber dari sector pemerintah bukan akibat pelanggaran hokum. Namun wajib dilaksanakkan berdasarkan ketentuan yang ditetapkan lebih dahulu tanda mendapatkan imbalan yang langsung dan proposional agar pemerintah dapat melaksanakan tugas-tugasnya untuk menjalankan pemerintahannya.
Suku bunga merupakan imbalan jasa atas pinjaman uang. Imbalan jasa ini merupakan suatu kompensasi kepada pemberi pinjaman atas manfaat kedepan dari uang pinjaman tersebut apabila diinvestasikan


Jenis-jenis bunga
 Bunga sederhana adalah hasil pokok utang bunga per periode dan lamanya waktu peminjaman
 Bunga berbunga atau bunga majemuk adalah nilai poko utang ini akan berubah terus setiap akhir periode dengan pertambahan perhitungan bunga menurut perse (%) yang terlah ditetapkan.
Anggaran merupakan sejumlah uang yang di habiskan dalam periode tertentu untuk melaksanakan suatu program. Secara garis besar proses penyusunan anggaran terbagi menjadi 2:
 Dari atas ke bawah (to-down)
Merupakan proses penyusunan anggaran tanpa penentuan tujuan sebelumnya tidak berlandaskan teori yang jelas
 Dari bawah ke atas (bottom-up)
Merupakan proses penyusunan anggaran berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya anggaran di tentukan belakang setelah tujuan selesai.

Kadang kala kebijakkan semacam ini sering terpengaruh juga oleh lembaga-lembaga internasional seperti internasional monetary fund/bank dunia. Serta keyakinan politik dari pihak-pihak yang memegang kekuasaan Negara saat itu.


http://Id.m.wikipedia.org/wikikebijakan_ekonomi?wasRedirected=true

Tidak ada komentar:

Posting Komentar